Pengadilan Alec Baldwin: Hakim untuk Menentukan Apakah Kasus Dapat Dibatalkan

Pengadilan Alec Baldwin: Hakim untuk Menentukan Apakah Kasus Dapat Dibatalkan
Foto oleh Evan Agostini/AP

AAD TODAY - Hakim New Mexico, Mary Marlowe Sommer, akan membuat keputusan pada hari ini mengenai permintaan untuk menghentikan satu-satunya tuntutan terhadap Alec Baldwin terkait insiden penembakan tragis seorang kamerawan. Tim pertahanan mengklaim bahwa FBI mungkin telah mengganggu senjata selama tes forensik, sehingga menghancurkan bukti yang penting sebelum mereka dapat memeriksa.

Foto udara Bonanza Creek di Santa yang di gunakan pembuatan film "Rust" pada 23 Oktober 2021 (Jae C/AP)

Latar Belakang Insiden

Insiden terjadi selama latihan film pada Oktober 2021, di mana Baldwin tidak sengaja menembakkan senjata, mengakibatkan kematian Halyna Hutchins dan cedera direktur Joel Souza. Baldwin, yang telah mengaku tidak bersalah atas kejahatan tidak sengaja, berhadapan dengan hukuman penjara selama 18 bulan jika dinyatakan bersalah.

Kontroversi Tes Forensik

Kontroversi timbul ketika FBI, dipicu oleh pernyataan Baldwin bahwa ia tidak menarik trigger, melakukan tes pada senjata yang dapat mengganggu integritasnya. Tim pertahanan mengklaim bahwa tindakan FBI mungkin telah menghancurkan bukti yang menguntungkan kasusnya. Meskipun jaksa mengklaim bahwa senjata tetap utuh dan dapat digunakan untuk pemeriksaan pertahanan, tim pertahanan mengklaim bahwa bukti yang kritis hilang karena tes yang menghancurkan tanpa dokumentasi yang tepat.

Argumen Pertahanan

Tim pertahanan sangat menantang bukti jaksa, terutama analisis forensik senjata. Mereka menyoroti penanganan senjata selama tes, menekankan kerusakan yang dapat mempengaruhi hasil kasus.

Argumen Jaksa

Jaksa menegaskan bahwa bukti masih mendukung argumen mereka bahwa senjata berfungsi dengan baik sebelum insiden. Mereka berencana untuk menunjukkan bahwa senjata tidak dapat menembak tanpa tarikan trigger yang sengaja, memperkuat kasus mereka terhadap Baldwin.

Jadwal Pengadilan

Pengadilan yang sangat dinantikan dijadwalkan untuk bulan Juli, dengan hakim yang akan membuat keputusan pada hari ini mengenai permintaan untuk menghentikan kasus. Keputusan ini akan sangat mempengaruhi kemajuan kasus dan potensi hasil untuk Baldwin.

Produksi Film

Setelah insiden tragis, produksi film 'Rust' di Montana melanjutkan dengan perjanjian dengan Matthew Hutchins, suami Halyna Hutchins, yang menjadi produser eksekutif. Meskipun film selesai, ia belum dirilis ke publik.

Kesimpulan

Kasus Alec Baldwin sangat kontroversial, dengan kedua belah pihak menampilkan argumen yang kuat. Keputusan hakim pada hari ini akan sangat mempengaruhi kemajuan kasus dan potensi hasil untuk Baldwin. Insiden ini menyorot pentingnya penanganan bukti yang tepat dan perlunya transparansi dalam tes forensik. 

Ikuti AAD Today Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index