Martin Mull, Komikus dan Aktor dari 'Fernwood Tonight' dan 'Roseanne', Meninggal Dunia Pada Usia 80 tahun

Martin Mull, Komikus dan Aktor dari 'Fernwood Tonight' dan 'Roseanne', Meninggal Dunia Pada Usia 80 tahun
Foto oleh Willy Sanjuan/AP

Martin Mull, yang komedi dan aktingnya yang konyol dan esoterik membuatnya menjadi sensasi di tahun 1970-an dan kemudian menjadi bintang tamu yang dicintai di sitkom termasuk "Roseanne" dan "Arrested Development", telah meninggal dunia, kata putrinya pada hari Jumat.

Putri Mull, penulis TV dan komikus Maggie Mull, mengatakan bahwa ayahnya meninggal di rumah pada hari Kamis setelah "berjuang dengan gagah berani melawan penyakit yang sudah lama dideritanya."

Mull, yang juga seorang gitaris dan pelukis, menjadi terkenal secara nasional dengan peran berulang dalam opera sabun satir yang diciptakan Norman Lear, "Mary Hartman, Mary Hartman," dan peran utama dalam spin-off-nya, "Fernwood Tonight."

"Dia dikenal unggul dalam setiap disiplin kreatif yang bisa dibayangkan dan juga dalam membuat iklan Red Roof Inn," kata Maggie Mull dalam sebuah unggahan di Instagram. "Dia akan menganggap lelucon itu lucu. Dia tidak pernah tidak lucu. Ayah saya akan sangat dirindukan oleh istri dan putrinya, oleh teman-teman dan rekan kerjanya, oleh sesama seniman dan komedian serta musisi, dan - tanda orang yang benar-benar luar biasa - oleh banyak anjing."

Dikenal dengan rambut pirang dan kumisnya yang dipangkas rapi, Mull lahir di Chicago, dibesarkan di Ohio dan Connecticut, serta belajar seni di Rhode Island dan Roma.

Langkah pertamanya dalam bisnis pertunjukan adalah sebagai penulis lagu, menulis lagu "A Girl Named Johnny Cash" yang menjadi hit di tahun 1970 untuk penyanyi Jane Morgan.

Dia akan menggabungkan musik dan komedi dalam sebuah pertunjukan yang dibawanya ke klub-klub Hollywood yang trendi pada tahun 1970-an.

"Pada tahun 1976, saya adalah seorang pemain gitar dan komedian yang tampil di Roxy di Sunset Strip ketika Norman Lear masuk dan mendengar saya," kata Mull kepada The Associated Press pada tahun 1980. "Dia memilih saya sebagai pemukul istri dalam acara 'Mary Hartman, Mary Hartman'. Empat bulan kemudian saya tampil di acara saya sendiri."

Waktunya di Strip diabadikan dalam lagu country rock klasik tahun 1973 "Lonesome L.A. Cowboy", di mana para penunggang kuda dari Purple Sage memberinya teriakan bersama dengan para tokoh musik Kris Kristofferson dan Rita Coolidge.

"Saya tahu Kris dan Rita dan Marty Mull sedang nongkrong di Troubadour," demikian bunyi lagunya.

Dalam "Fernwood Tonight" (kadang-kadang disebut sebagai "Fernwood 2 Night"), ia berperan sebagai Barth Gimble, pembawa acara bincang-bincang di sebuah kota di bagian barat tengah dan kembaran dari karakter "Mary Hartman"-nya. Fred Willard, seorang kolaborator yang sering berkolaborasi dengan kepekaan komik yang sangat mirip, berperan sebagai sahabat karibnya. Acara ini kemudian diubah menjadi "America 2 Night" dan berlatar belakang California Selatan.

Dia kemudian menjadi pembawa acara bincang-bincang sungguhan sebagai pengganti Johnny Carson dalam "The Tonight Show."

Mull sering memerankan karakter yang sedikit busuk, agak berlendir dan sering kali jorok seperti yang dilakukannya sebagai bos Teri Garr dan musuh Michael Keaton dalam "Mr. Mom" pada tahun 1983. Dia memerankan Kolonel Mustard dalam film yang diadaptasi dari permainan papan "Clue" pada tahun 1985, yang, seperti banyak hal lain yang diperankan Mull, telah menjadi film klasik yang digemari.

Tahun 1980-an juga menghadirkan apa yang dianggap banyak orang sebagai karya terbaiknya, "A History of White People in America," sebuah film dokumenter yang pertama kali ditayangkan di Cinemax. Mull turut menciptakan acara tersebut dan membintangi sebagai reporter investigasi gaya "60 Minutes" yang menyelidiki semua hal yang berbau milquetoast dan duniawi. Willard kembali menjadi lawan mainnya.

Dia menulis dan membintangi film "Rented Lips" pada tahun 1988 bersama Robert Downey Jr, yang disutradarai oleh ayahnya, Robert Sr.

Lawan mainnya, Jennifer Tilly, mengatakan dalam sebuah postingan di X pada hari Jumat bahwa Mull adalah "orang yang karismatik dan baik hati."

Pada tahun 1990-an ia terkenal karena perannya yang berulang pada beberapa musim di "Roseanne," di mana ia berperan sebagai bos yang lebih hangat dan tidak terlalu jahat terhadap karakter utama, seorang pria gay yang terbuka yang pasangannya diperankan oleh Willard, yang meninggal pada tahun 2020.

Mull kemudian memerankan mata-mata swasta Gene Parmesan di "Arrested Development," sebuah karakter kultus-klasik dalam acara kultus-klasik, dan dinominasikan untuk Emmy, yang pertama kalinya, pada tahun 2016 untuk penampilannya sebagai bintang tamu di "Veep."

"Apa yang saya lakukan di 'Veep' sangat saya banggakan, tapi saya rasa itu mungkin lebih kolektif, di usia saya sekarang ini lebih kolektif," kata Mull kepada AP setelah dinominasikan. "Ini mungkin akan kembali ke 'Fernwood'."

Komedian dan aktor lain sering kali menjadi penggemar beratnya.

"Martin adalah yang terhebat," kata sutradara "Bridesmaids", Paul Feig, dalam film X. "Sangat lucu, sangat berbakat, pria yang baik. Saya cukup beruntung bisa beradu akting dengannya di acara The Jackie Thomas Show dan sangat menghargai setiap momen bersama seorang legenda. Fernwood Tonight sangat berpengaruh dalam hidup saya."

Mull ditinggalkan oleh putrinya dan musisi Wendy Haas, istrinya sejak tahun 1982. 

Ikuti AAD Today Online di GoogleNews

Berita Lainnya

Index